Cara belajar yang baik untuk anak SMP

   cara belajar yang baik untuk anak SMP



                
        Hii... saya Sandra,  disini  saya akan membagikan cara-cara belajar dengan baik dalam artikel ini.



         Belajar merupakan kegiatan wajib bagi para pelajar, baik di jenjang SD,SMP,SMA,maupun kuliah. Kita pasti pernah melihat teman kita yang menguasai pelajaran dan nilainya sering atau bahkan selalu bagus. Ingin menjadi seperti mereka ? Tentu saja. Belajar dengan cara yang benar dan sesuai untuk kita dapat membantu meningkatkan nilai bahkan sampai menguasai materi ataupun pelajaran tersebut.Banyak cara belajar yang sekarang sedang booming. Mulai dari Pomodoro technique, Feynman technique, Blurting method, 80/20 method, active recall, dan cara belajar unik lainnya.
         Disini saya mau menjelaskan beberapa teknik belajar diatas yang bisa kita coba. Yang pertama adalah Pomodoro technique. Pomodoro technique merupakan teknik belajar dengan memberi waktu istirahat seusai belajar sampai waktu yang ditentukan dan mengulanginya lagi. Contohnya : belajar 50 menit dan istirahat 10 menit. Tentu waktu belajar dan istirahat bisa kita atur sesuai keperluan kita. Seperti menggantinya menjadi 25 menit belajar dan 5 menit istirahat.
         Lalu teknik belajar selanjutnya adalah Blurting method. Dapat dilakukan dengan cara membaca materi terlebih dahulu dan memahaminya. Setelah itu ambilah kertas kosong dan tuliskan apa saja yang kita ingat. langkah terakhir yaitu baca ulang materi dan catat materi yang kurang dengan pulpen warna beda. Teknik berikutnya adalah Feynman technique. Dilakukan dengan membaca  dan memahami materi. Lalu  setelah itu seolah-olah menjelaskan ulang pada orang lain (bisa ke tembok, boneka, kaca ) tentang materi tersebut.
         Itu tadi merupakan beberapa jenis cara belajar yang dapat membantu kita supaya semakin baik dalam belajar terutama untuk anak SMP. Semoga dapat membantu bagi pembaca dan mendapat nilai yang lebih baik.
                    
contoh belajar dengan pomodoro technique



belajar dengan blurting technique 




 



       
 








Komentar

Postingan Populer